Modernisasi Untuk Kemajuan Usaha Kecil Menengah

http://www.rbsunglassesoutlets.com – Di era modernisasi seperti sekarang ini, banyak yang sudah memulai usaha, mulai dari usaha yang langsung besar, atau menengah ataupun usaha kecil-kecilan. Yang paling banyak diminati adalah UKM. UKM yang merupakan singkatan dari Usaha Kecil Menengah adalah tulang punggung ekonomi Asia Pasifik. Berdasarkan penelitian Asian Development Bank tahun 2007-2012, sebanyak 98% perusahaan di Asia Pasifik adalah UKM.

Mereka membuka lapangan pekerjaan untuk 66% buruh nasional dan menyumbang 30% dari keseluruhan nilai ekspor. Kontribusi UKM terhadap kemajuan ekonomi tidak dapat dipandang sebelah mata, namun mereka menghadapi tantangan yang cukup besar untuk dapat tetap bertahan di lingkungan usaha yang berkembang.

UKM
UKM

Dunia kerja yang dinamis menjadi salah satu pendorong munculnya tenaga kerja millennial yang tumbuh dengan kehadiran internet serta berkembangnya kelompok pekerja yang mencari pengaturan jam kerja yang lebih fleksibel.

Munculnya perangkat mobile dan teknologi komputasi awan atau cloud telah mengubah cara orang berkolaborasi dan berkomunikasi. Berdasarkan studi yang dilaksanakan tahun 2015, tidak mengherankan apabila hampir 74% pegawai UKM menghabiskan setidaknya satu dari lima hari kerja bekerja di luar kantor.

Studi ini juga menunjukkan bahwa satu dari dua perangkat yang digunakan untuk bekerja adalah milik pegawai. Tren ini semakin marak dengan meningkatnya mobilitas dan konektivitas, serta tersedianya perangkat dengan harga terjangkau di pasar.Sayangnya, UKM tidak memiliki daya dan kemampuan untuk menghadapi seluruh tantangan yang ada. Bahkan pemilik dan pegawai UKM terpaksa memegang banyak peran.

Sang pemilik bisa saja merangkap sebagai manager TI dan bertanggungjawab untuk memastikan semua e-mail dan layanan teknologi berjalan lancar demi kelangsungan bisnis sehari-hari. Untuk membantu mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi UKM ini, pada akhir tahun 2015 Microsoft menyelenggarakan New World of Work Makeover Contest di mana Microsoft akan memberikan bantuan teknologi kepada tiga UKM terpilih se-Asia Pasifik dalam memodernisasi bisnis mereka.

Microsoft menerima banyak aplikasi dan hampir seluruhnya menyatakan bahwa mereka menghadapi tantangan yang sama, yaitu memperbaiki sistem teknologi perusahaan. Salah satu UKM asal Indonesia, PT Duta Kalingga Pratama, berhasil terpilih menjadi salah satu pemenang kontes ini bersama dengan Cheong Kee Sdn Bhd dari Malaysia dan Wallem Philippines Shipping dari Filipina.

PT Duta Kalingga Pratama adalah perusahaan teknologi yang menyediakan Automation Identification Data Capture – memberikan berbagai macam keuntungan bagi sistem supply chain management.

Sudah Lebih dari 100 Juta Pengguna Internet di Indonesia

http://www.rbsunglassesoutlets.com – Survey yang uang sudah dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) membukakan fakta bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet. Survey yang uang sudah dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta pengguna internet Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta pengguna internet.

Hal ini mengindikasikan kenaikan 51,8 % dibandingkan jumlah pengguna internet pada 2014 lalu. Survey yang uang sudah dilakukan APJII pada 2014 hanya ada 88 juta pengguna internet.

Internet
Internet

“Penyebabnya adalah perkembangan infrastruktur dan mudahnya mendapatkan gadget canggih seperti contohnya smartphone atau perangkat genggam,” terang Ketua APJII Jamalul Izza saat Kami temui di sela pengumuman Riset Pengguna Internet Indonesia.

“Kalau dulu kan cuma beberapa vendor dan perangkat genggam, sekarang jumlahnya banyak dan murah,” imbuhnya.

Data Survey juga membukakan fakta bahwa rata-rata pengakses internet di Indonesia menggunakan perangkat genggam. Statistiknya sebagai berikut:

  • 67,2 juta pengguna internet atau 50,7 % mengakses melalui perangkat genggam dan komputer.
  • 63,1 juta pengguna internet atau 47,6 % mengakses dari gadget canggih seperti contohnya smartphone.
  • 2,2 juta pengguna internet atau 1,7 % mengakses hanya dari komputer.

Meski demikian, penetrasi internet tersebut mayoritas masih berada di Pulau Jawa. Dari Survey yang dipresentasikan oleh APJII itu tercatat bahwa sekitar 86,3 juta pengguna internet atau 65 % dari angkat total pengguna internet tahun ini berada di Pulau Jawa.

Sedangkan sisanya adalah sebagai berikut:

  • 20,7 juta atau 15,7 % di Sumatera.
  • 8,4 juta atau 6,3 % di Sulawesi.
  • 7,6 juta atau 5,8 % di Kalimantan.
  • 6,1 juta atau 4,7 % di Bali dan NTB.
  • 3,3 juta atau 2,5 % di Maluku dan Papua.

APJII bekerja sama dengan Lembaga Polling Indonesia untuk melakukan Survey tersebut. Proses Survey uang sudah dilakukan melalui tatap muka dengan metode multistep random sampling atau secara berbagian.

Analis LPI, Yonda Nurtakwa, mengatakan, bagian pertama mengenai penetrasi uang sudah dilakukan dengan melihat pada 1.250 sampel dalam periode 1-11 Juni 2016.

Data yang dihasilkan dari periode ini kemudian dipakai sebagai kerangka pada proses selanjutnya, yaitu Survey mengenai prilaku pengguna.

Pada bagian Survey mengenai prilaku, uang sudah dilakukan pengambilan sampelnya secara acak pada 2.000 pengguna internet, dan disesuaikan dengan persentase jumlah penduduk di suatu daerah.

“Jadi kalau provinsi di Jawa kebetulan populasinya besar, sampel yang diambil lebih banyak. Berbeda dengan daerah di Kalimantan atau Maluku,” jelas Yonda dalam kesempatan yang sama.

Semua Provider Inginkan Pemerintah Sempurnakan 4G

http://www.rbsunglassesoutlets.com – Selama ini penggunaan frekuensi yang ada di provider dinilai belum memuaskan. Para penyelenggara telekomunikasi, termasuk XL Axiata, kebelet untuk meminta penggelaran golden frequency kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika selaku regulator.

Golden frequency atau frekuensi emas yang dimaksud adalah 700 MHz. Penyebutan julukan demikian lantaran spektrum tersebut memiliki jangkauan yang lebih luas ketimbang 900 MHz, 1,8 GHz, 2,1 GHz, atau 2,3 GHz yang digunakan provider untuk 4G ini.

“Untuk spektrum 4G memang diperlukan spektrum yang baru yang lebih luas lagi, seperti 700 MHz,” ucap Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (25/4/2017).

4G
4G

Namun keinginan provider untuk menggelar Agen Poker Terpercaya 4G di spektrum 700 MHz sulit terwujud dalam waktu dekat. Sebab, pita frekuensi itu masih diduduki layanan TV analog.

Di kesempatan yang sama, Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Bapak Rudiantara pun menanggapi provider soal penggunaan 700 MHz. Dikatakan olehnya, pemerintah masih menunggu Revisi Undang-Undang (RUU) Penyiaran selesai.

“Kita tunggu Revisi Undang-Undang Penyiaran, harusnya (beres) tahun ini karena sudah masuk Prolegnas dan statusnya menurut sepengetahuan saya draft-nya sudah ada di Badan Legislatif (Baleg),” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah juga sedang mencari jalan untuk melakukan perpindahan dari TV analog ke TV digital pada 700 MHz tersebut.

Dengan perpindahan dari TV analog ke TV digital, maka akan terdapat digital deviden dari lebar pita 112 MHz di frekuensi 700 MHz yang sebelumnya digunakan sepenuhnya oleh televisi analog.

“Dari 112 MHz itu ada sekitar 90 MHz yang bisa kita alokasikan untuk broadband. Kalau sudah ada kepastian, saya kan bisa seleksi atau bikin tendernya jauh-jauh hari. Dan yang menang bisa kita minta uang mukanya,” kata menteri beberapa waktu lalu.

Uang muka dari pemenang lelang atau seleksi 90 MHz itu, kata Rudiantara, akan digunakan untuk membeli set top box dan dibagikan kepada masyarakat yang belum punya TV digital.

“Yang menang di 700 MHz, misalnya dapat harga 100, ya bayar 20 dulu deh saya beliin set top box untuk yang TV-nya masih pakai analog,” katanya.

Seperti diketahui, digitalisasi televisi sejatinya telah dicanangkan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat Menteri Komunikasi dan Informatika masih dijabat Tifatul Sembiring.

Menteri Tifatul pernah menerbitkan Peraturan Menteri tentang Penyelenggaran Televisi Digital. Namun Mahkamah Agen Poker Terpercaya Agung membatalkan peraturan tersebut. Saat itu, ditargetkan TV digital dilaksanakan pada 2018.